300 Peserta Destinasi Wisata Jakut Diajak Menanam Mangrove

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 300 peserta wisata 12 jalur destinasi yang digelar Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Utara, diajak menanam bibit mangrove di Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan

Kepala Seksi Industri Pariwisata Suku Dinas Parbud Jakarta Utara, Agus Purwanto mengatakan, aktivitas penanaman bibit mangrove ini untuk membangkitkan rasa kepedulian peserta terhadap lingkungan. Apalagi, pohon mangrove sangat bermanfaat untuk mencegah abrasi di kawasan pesisir Jakarta.

"Jadi tidak hanya wisata biasa. Kegiatan ini turut disisipkan edukasi terhadap para peserta," ujarnya.

Dijelaskan Agus, 300 peserta ini merupakan gelombang pertama dari rencana 600 warga mengunjungi jalur destinasi wisata di Jakarta Utara. Peserta merupakan perwakilan dari unsur siswa, mahasiswa, anak berkebutuhan khusus dan pelaku usaha.

"Setelah dari sini kita langsung ke Museum Bahari dan berakhir di Ancol Taman Impian," ungkapnya. 

Indah Wahyuningsih, salah seorang siswi SMAN 114 yang ikut dalam kegiatan ini mengaku, sangat menikmati kegiatan ini karena selain dapat berwisata juga menambah banyak pengetahuan dan wawasan.  

"Tadi, pemandu menjelaskan bahwa pohon mangrove itu banyak manfaatnya. Terutama untuk mencegah abrasi di pesisir Jakarta," tandasnya.